Manfaat Temulawak

29x dibaca

Manfaat Temulawak

Manfaat temulawak tentunya sudah dirasakan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu, sebab tanaman ini sudah sejak zaman dahulu telah diolah menjadi berbagai macam obat. Tidak heran jika temulawak banyak dibudidayakan di halaman rumah warga, temulawak sendiri dapat hidup di ketinggian 5 hingga 750 meter di atas permukaan laut.  Memiliki bentuk yang mirip dengan kunyit, banyak orang yang tidak bisa membedakan mana kunyit dan temulawak.

Oleh sebab itu apabila Anda ingin mengolahnya menjadi obat, jangan sampai salah pilih. Sebab manfaat yang diberikan temulawak maupun kunyit berbeda, harga temulawak di pasaran juga sangatlah murah sehingga tidak sulit untuk menemukan temulawak. Apalagi temulawak hingga saat ini masih digunakan sebagai salah satu obat tradisional.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Memelihara Fungsi Hati

Di dalam temulawak terkandung senyawa katagoga yang memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan hati, senyawa ini dapat membantu produksi empedu pada hati serta dapat merangsang terjadinya pengosongan kandungan empedu. Tentunya hal ini sangatlah bermanfaat, mengingat hati merupakan salah satu organ yang penting di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan hati merupakan organ yang menetralisir racun sehingga tubuh manusia tidak rusak, apalagi saat ini banyak sekali racun pada makanan dan minuman yang kita konsumsi. Temulawak sendiri dapat menjaga fungsi hati juga didukung dengan hasil penelitian  yang menunjukkan bahwa enzim pada temulawak dapat berfungsi menurunkan kadar SGOT dan SGPT. Oleh sebab itu apabila Anda memiliki permasalahan dengan hati maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi ini namun sesuai dengan anjuran dokter.

Mengurangi peradangan pada sendi

Radang sendi merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu aktivitas Anda, namun penyakit ini dapat diatasi apabila mengkonsumsi temulawak. Hal ini dikarenakan kandungan kurkuminnya setara dengan 100  mg fenibutazon yang mampu meredakan radang dan nyeri sendi, cara kerja senyawa ini adalah dengan menghambat perpindahan sel leuksit  ke area yang mengalami peradangan. Hal ini telah dilakukan pengujian yang memberikan hasil bahwa penderita radang sendi mengalami pengurangan rasa sakit, penggunaan temulawak sebagai obat radang sendi sebenarnya telah dilakukan oleh orang India selama ribuan tahun.

Apalagi diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa penderita yang memiliki masalah pada radang sendi bagian lutut meminum ekstrak temulawak dan ibuprofen selama 6 minggu dengan teratur. Dimana hasil penelitian tersebut menemukan bahwa kandungan dalam temulawak dapat bekerja sama dengan ibuprofen sehingga dapat mengurangi rasa sakit tanpa memberikan efek samping yang berbahaya.

Melancarkan pencernaan

Apabila terjadi permasalahan pada sistem pencernaan biasanya akan menggunakan pisang atau pepaya untuk melancarkannya. Namun tidak ada salahnya jika Anda menggunakan temulawak, sebab zat di dalamnya dapat merangsang produksi empedu sehingga dapat membantu pencernaan menjadi lancar. Jadi apabila Anda mengalami permasalahan pada pencernaan seperti kembus, gas, atau dispepsia dapat menggunakan temulawak sebagai obatnya.

Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada tahun 2006 yang menemukan bahwa pasien yang mengkonsumsi suplemen temulawak dengan teratur maka potensi kambuhnya penyakit jauh lebih rendah dibandingkan pasien yang menggunakan plasebo selama 6 bulan. Dengan banyaknya manfaat temulawak yang diberikan ini sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba mengkonsumsinya, apalagi obat tradisional lebih rendah resiko efek samping yang berbahaya dibandingkan dengan obat kimia. Sebab obat tradisional tidak membuat ginjal bekerja dengan ekstra.

Manfaat Kumis Kucing

Aulia
38x dibaca

Manfaat Buah Cokelat

masgala
10x dibaca

Manfaat Daun Kelor

Aulia
71x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *