Manfaat Selada Air

22x dibaca

selada air

Selada air biasa disajikan sebagai sayuran, salad, sup, sandwich maupun menu yang lainnya. Selada air juga biasa digunakan sebagai hiasan sajian makanan. Namun ilmu pengetahuan modern telah menemukan tentang adanya lebih dari kandungan 15 jenis vitamin dan mineral penting yang dalam selada air.

Memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi daripada bayam, mengandung lebih banyak kalsium daripada susu, dan lebih banyak mengandung vitamin C daripada buah jeruk. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya membuat manfaat selada air tidak sepele bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat diantaranya :

11 Manfaat Selada air bagi kesehatan manusia

1. Mejaga kesehatan tulang
Dari 100 gram penyajian selada air mampu memberikan lebih dari 200% asupan harian yang disarankan. Vitamin K dapat membantu menjaga kesehatan tulang dengan cara mempromosikan aktivitas osteotrophic (memperkuat dan pembentukan tulang).

2. Mempertahankan fungsi kandung empedu

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan air yang terdapat dalam selada air memiliki potensi manfaat untuk menurunkan risiko pembentukan batu di empedu. Cocok untuk yang sering mengkonsumsi makanan jeroan karena mengandung banyak kolesterol. Kemungkinan terbentuknya batu empedu lebih besar.

3. Menurunkan resiko kerusakan saraf otak (Alzheimar)

Selada air mengandung vitamin K yang dapat membantu mengurangi resiko kerusakan saraf otak. Dengan demikian selada air dapat berperan dalam penyembuhan pasien menderita penyakit Alzheimer.

4. Mengatur fungsi tiroid

Kandungan yodium dalam selada air merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga kelenjar tiroid. Kekurangan yodium dapat mengganggu pembentukan hormon tiroid sehingga dapat menimbulkan resiko penyakit gondok.

5. Menyembuhkan depresi

Beberapa penelitian depresi dapat mengakibatkan seseorang memiliki kadar folat yang rendah. Depresi dapat disebabkan karena mengkonsumsi alkohol berlebihan. Tanaman selada air memiliki dampak positif pada penyakit depresi yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut.

6. Menjaga kesehatan gusim dan gusi

Selain untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium dalam selada air juga baik untuk menjaga kesehatan gigi. Kandungan vitamin C pada selada air juga dapat menurunkan resiko gangguan pada gusi, misalnya gusi berdarah.

7. Menyembuhkan jerawat

Kandungan antimikroba, anti-bakteri, dan nti-inflamasi dalam selada air dapat membantu mengurangi berbagai macam penyakit kulit, seperti rosacea dan jerawat. Selada air dapat digunakan untuk membersihkan daerah berjerawat untuk mencegah infeksi lanjutan. Disisi lain, dari dalam tubuh kandungan anti-inflamasi dalam selada air juga mampu memurnikan darah dan menjaga kulit dari infeksi.

8. Menurunkan resiko kerusakan DNA
Berdasarkan penelitian di University of Ulser menyatakan bahwa mengkonsumsi selada air secara rutin setiap hari dapat membantu mengurangi kerusakan DNA pada sel-sel darah. Pada tahap selanjutnya melawan kerusakan yang dapat terjadi pada DNA yang disebabkan oleh radikal bebas secara signifikan.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsentrasi asam karbonat (Vitamin C) yang dimiliki oleh Selada air yang lebih tinggi dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. 100 gram daun selada air segar mampu memberikan sekitar 72% atau 47 mg dari RDA vitamin C. Sebagai antioksidan, vitamin C berfungsi membantu mengatasi radikal bebas.

10. Menghilangkan racun dalam tubuh

Sebagai antidiuretik alami, selada air merupakan agen pengeluaran racun dalam meningkatkan diuresis. Usus besar memungkinkan untuk dibersihkan dengan mendorong mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

11. Menjaga mata tetap sehat

Selada air juga mengandung vitamin A sangat tinggi. Pada 100 gram selada air mampu memberi +/- 106% kebutuhan vitamin A. Hal ini yang sangat baik untuk mencegah katarak, menjaga kesehatan mata, maupun gangguan penglihatan lainnya.

Manfaat Rumput Teki

Aulia
34x dibaca

Manfaat Mengkudu

Aulia
15x dibaca

Manfaat Propolis

Aulia
27x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *