Manfaat Propolis

28x dibaca

manfaat propolis

Manfaat Propolis telah dikenal lama dan kian marak implementasinya dalam produk kesehatan beberapa waktu belakangan. Sedikitnya terdapat 2.500 jurnal penelitian dibidang kesehatan yang fokus untuk meneliti tentang propolis, hal ini membuktikan manfaat propolis.

Propolis merupakan zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sari tumbuhan. Propolis terbentuk dari campuran lilin, resin, polen dan komponen esensial lain yang dibantu dengan air liur lebah yang membentuk menjadi propolis.

Terdapat sekitar 149 jenis senyawa aktif yang terdapat pada lem lebah ini, diantaranya :

  • Kandungan Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Biovin dan Provitamin A.
  • Bioflavonoid
  • Mineral Albumin, Magnesium, Kalsium, Iron Zine.
  • Enzim Kanji, Histone, Protein dan Trypsin.

Manfaat Propolis

1. Meningkatkan Sistem Imun

Propolis membawa sifat perlindungan alami lebah dari serangan bakteri, Propolis merangsang kelenjar thymuts dalam tubuh untuk bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, propolis berperan untuk menjaga tubuh dari infeksi jamur dan bakteri.

2. Menghilangkan Rasa Nyeri

Kandungan Bioflavonoid yang didukung dengan vitamin C pada propolis membuatnya menjadi senyawa aktif yang meredakan rasa nyeri yang muncul pada bagian kaki, punggung dan tangan. Propolis merupakan pilihan yang tepat mereka yang mengalami cedera saat olahraga.

3. Detoksifikasi

Propolis kaya akan senyawa flavonoid yang ditambah dengan seluruh kandungan vitamin yang lengkap pada propolis membantu melakukan detoksifikasi racun dalam tubuh. Proses pembuangan racun yang dilakukan propolis menurunkan risiko kolesterol, asam urat, stroke, trigliserin dan lain sebagainya.

4. Merangsang Kerja Fungsi Organ Tubuh

Bioflavonoid atau sering juga disebut sebagai vitamin P, vitamin lainnya dan kandungan mineral cukup lengkap menjadikan propolis sebagai salah satu sumber makanan dengan kandungan yang sangat kompleks. Oleh karenanya, mengonsumsi propolis akan mencukupi kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh, merangsang Hormon,Enzim,dan Senyawa lainnya yang membantu mengaktifkan kinerja organ-organ vital seperti, Jantung, Otak, Paru-Paru,Hati, Ginjal, Limpa, dan Reproduksi.

5. Mengatasi Penyakit Kulit

Sarang lebah terbukti mampu menangkal serangan bakteri dan jamur karena adanya propolis. Propolis dapat menyingkirkan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur seperti Kadas, Panu, Kurap, dan Ketombe bisa diobati dengan ekstrak propolis

6. Mengatasi Flu dan TBC

Propolis yang diekstrak menjadi obat mampu menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti TBC dan Influenza. Selain virus yang terhirup dari udara bebas, virus yang dibawa oleh nyamuk demam berdarah juga dapat dilumpuhkan oleh senyawa aktif dalam propolis.

7. Sebagai Antioksidan

Radikal bebas bisa menyerang karena kondisi lingkungan yang sehat, seperti debu polusi kendaraan, asap rokok, minumal alkohol, paparan sinar Ultraviolet dan konsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat. Radikal bebas akan merusak sel-sel tubuh dan dalam jangka panjang akan mengakibatkan tumbuhnya sel kanker, tumor, penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Flavonoid dalam propolis bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Sebagai informasi kandungan flavonoid dalam Propolis setara dengan flavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk. Oleh karena itu, propolis merupakan salah satu sumber alami untuk menghindari serangan radikal bebas.

8. Mengobati Diare

Propolis mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri, termasuk bakteri E.Colli yang menjadi penyebab diare. Konsumsi propolis dalam bentuk obat tetes dapat mengatasi masalah diare.

9. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Kaya akan vitamin D, asam amino dan mineral kompleks dalam propolis berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Propolis membantu menjaga masa tulang dan menghindarkan risiko osteoporosis.

10. Meregenerasi Sel Tubuh

Dalam propolis setidaknya terdapat 16 asam amino esensial yang membantu regenerasi sel tubuh. Proses metabolisme dalam tubuh kita akan membuat sel-sel tubuh menua dan akhirnya mati. Propolis merangsang pembentuk sel-sel tubuh baru untuk menggantikannya.

11. Menurunkan Risiko Hipertensi

Konsentrasi kadar lemak dalam darah yang terlampau tinggi akan mengakibatkan terganggunya proses sirkulasi darah. Hal ini meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan dalam propolis dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

12. Mengobati Penyakit Mulut dan Tenggorokan

Masalah penyakit mulut dan tenggorokan tidak jauh dari infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti batuk darah dan gusi berdarah. Dalam penelitian yang dilakukan di Rusia, propolis memiliki kandungan zat antiobiotik alami. vitamin, mineral dan anti virus yang baik untuk mengatasi permasalahan penyakit pada mulut dan tenggorokan.

Manfaat Rumput Teki

Aulia
35x dibaca

Manfaat Mengkudu

Aulia
16x dibaca

Manfaat Cocor Bebek

Aulia
29x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *