Manfaat Minyak Zaitun

14x dibaca

Sudah lama minyak zaitun dikenal, karena memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Maka tidak mengherankan, selama beratus-ratus abad, minyak zaitun telah menjadi komoditas perdagangan yang sangat laris.

Olive oil atau dikenal juga sebagai minyak zaitun adalah minyak yang didapat dari proses pengolahan buah pohon olive, yang tumbuh di daerah mediteranian.

Minyak zaitun sangat baik digunakan oleh semua orang, mulai dari bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa maupun yang sudah berusia lanjut.

Hal ini didukung dengan beragam penelitian yang sudah membuktikan, bahwa minyak zaitun memiliki seribu satu manfaat. Minyak nabati ini juga dapat berperan sebagai anti-kanker, anti-mikroba, anti-hipertensi, anti-aging, anti-diabetes dan sangat baik untuk kesehatan kulit serta kecantikan.

Minyak zaitun memiliki beragam kandungan zat dan gizi, yakni, vitamin E, phenolic, vitamin K, zat besi dan lemak (seperti omega 6, omega 9 dan omega 3).

Dari fakta kandungan gizi yang terdapat pada olive oil, tidaklah mengherankan apabila minyak zaitun dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti:

1. Mengurangi resiko terkena kanker
Anda cukup was-was dengan penyakit yang satu ini? Tenang aja, dengan kandungan nutrisi berupa vitamin E dan phenolic yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu kamu terhindar dari resiko terserang berbagai macam jenis kanker, karena kedua zat tersebut bersinergi dan bekerja sebagai anti-oksidan serta anti-inflamasi dalam tubuh.

2. Membantu mengobati penyakit Alzheimer
Hasil penelitian dari peneliti Universitas Florence menuturkan bahwa polifenol yang terkandung pada minyak zaitun dapat menunda dan mencegah penyakit Alzheimer.

3. Mencegah depresi
Berdasarkan penelitian dari Universitas Las Palmas de Gran Canaria dan Navarra, makanan yang mengandung banyak minyak zaitun dapat melawan penyakit jiwa. Apalagi jika minyak zaitun di kombinasikan dengan beragam makan diet dari Mediterania yang menyehatkan, seperti sereal gandum, sayuran, dan ikan berminyak.

4. Mampu melancarkan peredaran darah
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, minyak zaitun memiliki banyak kandungan lemak omega 3, 9 dan 6. Dengan banyaknya kandungan minyak omega tersebut dapat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kandungan omega dapat membantu untuk memperbaiki fungsi endotel pada pembuluh darah, yang dapat memperlancar aliran darah.

5. Memberi perlindungan pada jantung
Minyak zaitun memiliki kandungan anti-oksidan, asam lemak tak jenuh tunggal, klorofil, senyawa polifenolik dan karoten yang dapat melindungi jantung anda dari penyakit jantung dengan cara mengontrol kadar kolesterol LDL serta meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Caranya adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun sebanyak dua sendok makan setiap hari selama satu minggu.

6. Mencegah Osteoporosis
Minyak nabati ini juga memberikan efek positif untuk ketebalan tulang kita, sehingga dapat digunakan untuk menghindari penyakit osteoporosis.

7. Pereda rasa nyeri dan sakit
Karena memiliki sifat anti-inflamasi, kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk meredakan rasa sakit maupun nyeri.

Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan enam tetes minyak esensial lavender. Kemudian, oleskan campuran minyak ini ke bagian yang terasa sakit.

8. Mencegah kerusakan rambut dan kulit kering
Rambut anda kusam dan kering? Tenang, dengan menggunakan khasiat kesehatan minyak zaitun, kamu dapat mencegah kerusakan rambutmu.

Caranya, cukup campurkan minyak zaitun dengan kuning telur. Kemudian oleskan pada bagian rambut maupun kulit yang rusak. Setelah 20 menit, cuci bersih dengan air.

9. Mencegah kuku rapuh
Manfaat kesehatan dan kecantikan lain dari minyak zaitun adalah untuk mencegah kerusakan kuku rapuh. Caranya cukup campurkan minyak lemon (lemon essential oil) dan kayu putih dengan ¼ cangkir minyak zaitun. Setelah itu rendam bagian kuku yang bermasalah selama 20 menit.

Manfaat Buah Plum

masgala
2x dibaca

Manfaat Jahe

Aulia
33x dibaca

Manfaat Kayu Manis

Danar Prasetia
69x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *