Manfaat Mengkudu

26x dibaca

Manfaat Mengkudu

Mengkudu merupakan tanaman yang umumnya ditemukan di dataran rendah maupun tinggi.Mengkudu merupakan termasuk dalam keluarga kopi.

Buahnya berwarna hijau dan berbintik hitam, buah seukuran kentang ini memiliki rasa pahit dan bau yang sangat tajam. Namun, meski demikian mengkudu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum kalian ketahui. Hal ini dimungkinkan karena mengkudu kaya akan kandungan Protein,Vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan kolesterol jahat dalam darah berisiko meningkatkan munculnya berbagai masalah kesehatan seperti Hipertensi, Penyakit Jantung, dan Stroke. Dalam penelitian yang dilakukan pada pertengahan 2011 mengungkapkan Zar Xeronine dan Proxeronine yang terdapat pada Mengkudu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat mengkudu bagi kesehatan lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa Scopoletin dalam mengkudu memiliki sifat anti-inflamasi, anti bakteri, anti jamur dan anti histamin yang bekerja meningkatkan mekanisme imun dalam tubuh. Selain itu, kandungan berbagai mineral alami, peptide, vitamin C, Vitamin E dan Koenzim Q10 dapat membentengi diri dari berbagai macam penyakit yang disebabkan perubahan cuaca seperti batuk dan flu.

Sifat anti bakteri pada mengkudu sangat baik untuk melawan bakteri-bakteri penyebab gangguan pencernaan, infeksi kulit dan infeksi saluran kencing.

3. Menurunkan Risiko Stroke

Rutin minum just mengkudu dapat melindungi diri Anda dari risiko penyakit Stroke. Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Kobe Gakuen, Jepang menemukan sifat anti inflamasi dan antioksidan dalam mengkudu dapat melancarkan aliran darah ke otak dan melindunginya dari kerusakan.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Dalam penelitian berbeda yang dilakukan di Universitas Hindia Barat, mengungkapkan bahwa mengkudu memiliki sifat penurun kadar glukosa dalam darah dan juga efektif sebagai obat bagi penderita diabetes.

5. Menurunkan Risiko Asam Urat

Asam urat atau yang lebihsering disebut Encok merupakan sejenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam di sendi. Mengkudu telah dikenal lama oleh peneliti dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko asam urat.

6. Mencegah Kanker

Banyaknya senyawa antioksidan dalam mengkudu dapat mencegahh dari risiko kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Buah mengkudu dapat menstimulasi sistem imun dan melawan sel kanker dalam tubuh.

7. Mencegah Osteoporosis

Mengkudu bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan Metal Asetil, Morindone,dan Asam Kapril dalam mengkudu dapat mengurangi risiko osteoporosis dan menguatkan tulang.

8. Mengatasi Arthritis

Rutin mengonsumsi jus mengkudu setiap hari dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan arthritis. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa jus mengkudu membantu mengurangi rasa nyeri dan mengurangi risiko kerusakan sendiri karena sifat analgesiknya.

9. Meredakan Nyeri Haid

Kandungan analgesik pada mengkudu berguna untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Selain itu, mengkudu dapat meminimalisir perubahan hormon yang mengakibatkan perubahan mood saat haid.

10. Mengatasi Penyakit Kulit

Mengkudu juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti Kudis, Bisul, Kurap, kulit bersisik dan masalah kulit lainnya dengan menjadikannya sebagai obat oles yang dibalur pada kulit yang bermasalah selama sepuluh menit.

11. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan senyawa Scopoletin yang terkandung dalam mengkudu berperan untuk melancarkan peredaran darah dan meregangkan pembuluh darah. Zat Scopoletin juga berfungsi sebagai anti bakteri dan anti alergi.

12. Melancarkan Pencernaan

Mengkudu kaya akan serat, bahkan kandungan serat pada mengkudu melebih buah pepaya. Mengonsumsi just Mengkudu dapat membantu melancarkan pencernaan maupun mengobati diare.

Manfaat Buah Sawo

Danar Prasetia
36x dibaca

Manfaat Buah Tin

Aulia
27x dibaca

Manfaat Buah Plum

masgala
4x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *