Manfaat Madu

18x dibaca

manfaat madu

Madu merupakan suatu cairan yang memiliki warna coklat keemasan dan terbentuk dari kumpulan berbagai nektar tanaman yang sudah bercampur dengan air liur lebah. Kumpulan nektar tanaman bercampur saliva lebah kemudian akan disimpan di dalam sarang. Madu menjadi salah satu bahan alami yang kaya akan beragam manfaat untuk kesehatan juga untuk kecantikan. Pada dasarnya, madu tersusun dari berbagai jenis senyawa berkhasiat, seperti glukosa, air, fruktosa, protein, mineral, niasin, vitamin, tembaga, zat besi, zink dan lain-lain. Madu sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

Madu Campuran

Ragam jenis madu pada dasarnya dibedakan berdasarkan jenis tanaman atau sumber bunga yang dihisap lebah itu sendiri. Madu campuran merupakan jenis madu yang terdiri dari beberapa jenis madu berbeda. Mulai dari perbedaan rasa, tekstur, warna, tempat hingga asal sumber madu tersebut. Beberapa negara yang memproduksi madu campuran ialah seperti Cina, Amerika Serikat, Argentina, Meksiko, Turki, India dan Ukraina.

Madu Monoflora

Madu monoflora ialah jenis madu yang dihasilkan hanya dari satu jenis bunga atau satu nektar saja. Biasanya lebah madu akan menghasilkannya dari nektar-nektar yang ada pada bunga tertentu. Untuk rasanya, madu monoflora dikenal bisa berbeda-beda dan sangat dipengaruhi oleh jenis bunga yang dihisap oleh lebah.

Madu Poliflora atau Multiflora

Madu poliflora atau multiflora merupakan jenis madu lainnya yang hanya dihasilkan dari berbagai macam jenis bunga. Rasa yang dimiliki madu jenis ini juga bisa sangat bervariasi. Hal ini dikarenakan sumber yang digunakan untuk menghisap nektar juga tergolong lebih banyak dan lebih dari satu macam saja.

Madu Embun

Madu embun ialah jenis madu yang didapatkan dari lebah itu sendiri. Tepatnya dari sebuah cairan yang sangat menyerupai madu yang dikeluarkan oleh jenis serangga tertentu. Biasanya madu jenis ini didapatkan dari tumbuh-tumbuhan atau kelopak bunga dan getah yang dimiliki tanaman yang biasanya dikonsumsi oleh serangga. Misalnya, getah dari pohon pinus akan dikonsumsi serangga tertentu dan sangat berkhasiat untuk menambah khasiat alami yang terkandung di dalam madu.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Mencegah Diabetes

Madu kaya akan kandungan senyawa gula alami sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun sebagai pencegahan dini agar terhindar dari penyakit gula. Indeks glikemiks di dalam madu lebih rendah jika dibandingkan dengan gula sehingga sangat baik mengkonsumsi madu sebagai bentuk pencegahan terhindar dari diabetes.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Madu ternyata juga bisa merangsang proses pembentukan sel-sel imun tubuh, seperti sel natural killer, sel T dan limfosit B yang sangat berfungsi meningkat kekebalan imun tubuh. Banyak penelitian yang telah membuktikan kebenaran ini, salah satunya penelitian yang dilakukan pada 2004 silam oleh Al-Waili dan Haq.

Menghilangkan Jerawat

Madu sangat ampuh digunakan untuk  mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk masalah jerawat yang kerap kali membuat jengkel. Hal ini dikarenakan madu mengandung senyawa anti bakteri yang sangat ampuh untuk menyapu bersih bakteri p. Acne penyebab munculnya jerawat di permukaan wajah. Anda hanya perlu mengoleskan madu selama 15 menit di permukaan wajah yang ada jerawatnya, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Melembabkan Kulit Dan Bibir

Madu mengandung sebuah nutrisi baik yang sangat bagus untuk menghaluskan serta melembabkan kulit. Hanya dengan mencampurkan madu dengan sabun maupun masker, maka Anda bisa menggunakannya sebelum mandi. Khusus untuk melembabkan bibir, Anda bisa langsung mengoleskan madu di permukaan bibir yang kering.

Manfaat Ikan Salmon

Aulia
25x dibaca

Manfaat Semut Jepang

Aulia
55x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *