Manfaat Kumis Kucing

Sekilas mungkin anda akan sedikit terkejut membaca judul tulisan ini. Ya, tulisan ini memang akan mengulas mengenai manfaat kumis kucing untuk kesehatan tubuh dan pengobatan. Tapi tunggu, yang kami maksud bukanlah kumis kucing atau kumis si meong yang tiap waktu mengintai daging ayam di dapur anda (ha ha ha), yang kami maksud disini ialah daun dari tanaman yang bernama kumis kucing. Ternyata daun kumis kucing menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, sehingga daun ini sering dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan.

Apa itu daun kumis kucing ?

Jikalau anda belum pernah melihat daun kumis kucing, anda bisa mencari gambar atau fotonya di internet. Atau cukup liat saja gambar awal pada tulisan ini. Itulah gambar daun kumis kucing. Sedangkan beberapa ciri yang akan anda temukan pada tanaman yang bernama latin Orthosiphon Aristatus ini ialah :

  1. Konstruksi batangnya tegak dan agak basah
  2. Akarnya berjenis akar tunggang sehingga tanaman ini tumbuh dengan sangat kokoh
  3. Ruas tulang daunnya bercabang-cabang
  4. Daunnya menempel langsung pada batang dengan posisi berselang-seling
  5. Tangkai daunnya memiliki panjang sekitar 7 sampai dengan 29 cm
  6. Bentuk daunnya membundar agak lonjong dengan panjang sekitar 1 sampai 10 cm

Di Indonesia, tanaman kumis kucing memiliki nama yang beragam. Sebagai contoh di Sumatera, tanaman yang berasal dari Afrika ini dinamai dengan giri-giri, di Madura dinamai songot koneng sedangkan orang-orang Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebutnya sebagai remujang. Di Inggris berbeda lagi, tanaman yang biasanya tumbuh subur pada daerah dengan tanah yang gembur, berhumus, berair cukup dengan stok udara yang baik ini, disebut dengan kidney tea plants atau java tea.

Apapun sebutannya tidaklah jadi persoalan. Karena yang menarik dari tanaman ini adalah daunnya yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan dan pengobatan ? berikut ini ulasannya untuk anda.

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan

1. Mengobati sakit pinggang

Umumnya pria yang telah berumur 45 tahun ke atas dengan aktivitas fisik yang padat, akan sangat rentan terkena sakit pinggang. Hal ini bisa dimaklumi lantaran selain menguras tenaga, aktivias fisik juga pastinya akan sangat melelahkan dan berisiko, terutama bagi pria yang kesehariannya bekerja mengangkat dan memikul beban berat. Salah posisi sedikit saja bisa menjadi penyebab timbulnya sakit pinggang. Apabila ini terjadi, anda bisa memanfaatkan daun kumis kucing, caranya ialah dengan membuat ramuan dari campuran daun kumis kucing dan akanya. Ramuan ini kemudian anda minum minimal satu kali dalam sehari. Lambat laun, rasa sakit di pinggang andapun akan mereda dan hilang.

2. Obat hipertensi atau darah tinggi

Manfaat daun kumis kucing yang kedua adalah untuk mengobati penyakit darah tinggi. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dengan kandungan kadar gula tinggi, kadar lemak tinggi ataupun kadar garam yang tinggi. Bisa juga disebabkan karena kebiasanaan buruk seseorang seperti kebiasaan menghisap rokok, mengkonsumsi alkohol, bergadang dan kebiasaan buruk lainnya. Oleh karena itu sebisa mungkin kurangi atau hindari kebiasaan-kebiasaan buruk dan makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit darah tinggi tersebut. Adapun kalau sudah terlanjur terkena penyakit darah tinggi, daun kumis kucing bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya. Caranya ialah dengan meminum minimal satu gelas sehari ramuan daun kumis kucing. Anda bisa membuat sendiri ramuan ini dengan dosis dan cara sebagai berikut :

  • 50 gram daun kumis kucing kering direbus dengan air secukupnya
  • 50 gram daun kumis kucing basah diseduh dengan air panas secukupnya
  • Campur kedua ramuan sebelum diminum

3. Mengobati penyakit batu ginjal atau kecing batu

Batu ginjal atau kencing batu terjadi karena mengendapnya zat-zat limbah hasil pembersihan darah oleh ginjal. Umumnya penyakit ini akan menyerang orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Penyebab lain yang bisa memicu munculnya penyakit ini ialah karena ginjal kita kekurangan bahan pencegah endapan kristal, yang jika ini terjadi, maka lambat laun kristal-kristal tersebut akan membeku dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Langkah pencegahan yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit ini adalah dengan merutinkan untuk minum air putih tiap hari dalam jumlah banyak dan menghindari minuman atau makanan yang mengandung kadar gula berpengawet. Sedangkan untuk mengobati penyakit batu ginjal dengan daun kumis kucing bisa kita lakukan dengan cara membuat ramuan yang berbahan 90 gram daun kumis kucing yang telah dibersihkan, direbus dengan segelas air putih. Rebus sampai airnya tersisa sekitar setengah gelas, kemudian minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari.

4. Mengobati keputihan pada wanita

Ramuan daun kumis kucing juga berkhasiat untuk mengobati keputihan. Penyakit ini hanya terjadi pada wanita, ditandai dengan keluarnya cairan putih kental dari organ intim.  Meski kadang dianggap sepele, penyakit ini ternyata sangat berbahaya, apabila lambat ditangani, keputihan bisa menyebabkan kemandulan bahkan kematian. Ramuan daun kumis kucing untuk mengobati keputihan bisa dibuat dengan cara sebagai berikut.

Siapkan bahan-bahan seperti :

  • Segenggam daun kumis kucing
  • Segenggam daun beluntas
  • 10 biji kemukus
  • Teh jinten hitam 1 sendok dan air

Cara meramunya ialah dengan merebus semua bahan-bahan sampai mendidih, kemudian minumlah ramuan ini sedikitnya dua kali sehari.

5. Mengobati sembelit atau susah BAB

Sembelit atau susah BAB adalah pertanda pencernaan anda sedang terganggu. Salah satu penyebabnya adalah anda kurang mengkonsumsi makanan berserat yang akhirnya mengakibatkan (ma’af) tinja atau kotoran anda mengeras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Jika ini terjadi maka siapkan beberapa daun kumis kucing, kemudian rebus dengan segelas air putih sampai benar-benar mendidih. Setelah dingin, minumlah minimal satu kali sehari atau sampai BAB anda normal kembali.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan. Semoga dapat memberi manfaat dan menambah pengetahuan anda.

Tinggalkan komentar