Manfaat Kacang Tanah

33x dibaca

manfaat kacang tanah

Siapa yang tak pernah ngemil cemilan kacang tanah goreng atau rebus? Gak bakal berhenti sampai isi toplesnya habis. Tapi, tahukah Anda manfaat kacang tanah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

13 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

1. Menjaga kadar kolesterol

Kacang tanah memiliki tingkat mono asam lemak tak jenuh tinggi yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol yang normal, bisa mencegah resiko penyakit jantung.

2. Mencegah kulit keriput

Kacang tanah yang katanya bisa membuat jerawatan memiliki manfaat berkebalikan terhadap kulit. Kacang tanah bisa mencegah keriput dengan kandungan vitamin E, vitamin B, dan riboflavin. Ketiga kandungan tersebut selain bisa mengurangi garis keriput, juga ampuh untuk membuat kulit lebih bersinar.

3. Membantu mengurangi kadar gula darah

Keluarga Anda ada yang mengidap diabetes? Kacang tanah bisa menjadi sumber obat alternatif yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Kacang tanah banyak mengandung zat mangan yang dapat membantu menyerap kalsium dan lemak yang dapat mengatur kadar gula dalam darah.

4. Mengurangi depresi

Percaya atau tidak, kacang tanah bisa mengurang rasa depresi dalam diri. Kemacetan ibukota atau stresor pekerjaan yang menggunung dapat memicu depresi yang berbahaya bagi mental manusia. Mengandung tryptophan, kacang tanah membantu melepaskan zat-zat kimia pemicu depresi.

5. Sumber energi

Tak hanya membantu menaikkan mood (mengurangi depresi) di poin sebelumnya, kacang tanah juga dapat memberika energi instan pada tubuh. Wow! Kaya akan antioksidan dan mineral, kelelahan dan rasa loyo akan hilang dalam sekejap.

6. Mencegah bermacam-macam kanker

Memiliki kandungan asam p-coumaric, kacang tanah bisa membantu mencegah munculnya kanker dalam tubuh, terutama kanker perut dan kanker usus besar.

7. Membantu pertumbuhan rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut (maaf) tipis, atau cenderung mengalami kebotakan, tak perlu bingung lagi. Kacang tanah mengandung asam lemak Omega3 dapat menumbuhkan rambut sehat di kulit kepala Anda. Sirkulasi darah dalam kulit kepala pun menjadi lebih baik dengan adanya kandungan vitamin E dalam kacang tanah.

8. Mengurangi resiko batu empedu

Semisal Anda tak menyukai kacang tanah butiran, Anda bisa menggantinya dengan selai kacang tanah. Keduanya sangat baik untuk mengurangi kecenderungan munculnya batu empedu dalam tubuh hingga 50%.

9. Mencegah bayi lahir cacat

Anda atau istri Anda sedang hamil? Jangan ragu untuk mengonsumsi kacang tanah atau panganan kacang-kacangan lainnya. Asam folat yang dikandung oleh kacang tanah sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Asam folat dipercaya bisa mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat.

10. Anti obesitas

Sekali lagi, fakta berkebalikan dengan yang kita pahami selama ini. Makan sekurang-kurangnya dua kali dalam seminggu untuk mencegah terjadinya obesitas. Selai kacang tanah sangat bisa dikombinasikan dengan roti kegemaran Anda.

11. Detoksifikasi alami

Mengonsumsi kacang tanah secara rutin dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan racun dengan lebih teratur. Pengeluaran racun tersebut dipicu oleh kandungan serat dalam kacang tanah.

12. Meningkatkan fungsi otak

Mengandung vitamin B3 dan Niasin, kacang tanah dianggap mampu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan memori. Aliran darah dalam otak juga menjadi lebih lancar karena kandungan Flavonoid resveratrol dalam kacang tanah.

13. Mencegah alzheimer

Masih dalam fungsi dan manfaat Niasin dalam kacang tanah, Niasin sudah dibuktikan oleh banyak studi dapat menurunkan resiko penyakit Alzheimer hingga 70%.

Bagaimana, masih ragu untuk mengonsumsi kacang tanah? Semoga ketiga belas manfaat kacang tanah ini bisa membuka mata Anda kalau ngemil kacang tanah itu sehat!

Manfaat Brokoli

masgala
12x dibaca

Manfaat Daun Saga

Aulia
37x dibaca

Manfaat Daun Binahong

Aulia
29x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *