Manfaat Daun Saga

Daun saga dikenali dengan ciri daun yang bulat, kecil dan banyak tumbuh di tangkai tanamannya. Ciri fisik unik lainnya dari tanaman daun saga adalah bijinya. Berwarna merah dan ukurannya kecil. Warna merah inilah yang menjadi perbedaan tersendiri untuk tanaman yang termasuk golongan tanaman perdu ini. Bagian saga yang sudah populer menjadi obat herbal adalah bagian daunnya. Beberapa penyakit mulai dari sariawan yang umum dialami sampai penyakit dalam bisa diatasi dengan daun ini.

Daun saga memiliki rasa yang manis. Meski ukuran daunnya kecil, namun memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan yang tidak bisa dipandang sepele. Daun saga memiliki nutrisi seperti pentosan, glisirizin, vitamin B1, flisirizinat, vitamin C, vitamin A, kalsium oksalat, piridoxsin, dan juga protein. Gabungan semua nutrisi tersebut ampuh dalam mengatasi masalah yang mengganggu kesehatan. Tubuhpun akan semakin sehat jika menggunakan daun ini sebagai ramuan herbal.

Berikut penjelasan tentang beberapa manfaat daun saga untuk kesehatan tubuh:

10 Manfaat Daun Saga selain untuk jerawat

1. Mengobati peradangan mata

Daun saga juga bermanfaat baik untuk mata. Khususnya pada penyakit mata yang menimbulkan radang dan bengkak. Jika mengalami peradangan mata, cobalah untuk menggunakan daun saga ini sebagai obat.

2. Mengatasi amandel

Khasiat daun saga yang tak kalah penting adalah untuk mengobati amandel. Penyakit ini pada umumnya terjadi karena peradangan pada amandel. Bisa juga karena bengkak. Akibatnya saluran tenggorokan terganggu. Untuk mengatasinya, cobalah manfaat daun saga ini sebagai alternatif obat medis.

3. Mengatasi penyakit radang saluran nafas(bronkitis)

Sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi penyakit bronkitis. Daun ini untuk membantu tubuh agar kuat dalam melawan penyakit pernapasan ini.

4. Anti hipertensi

Salah satu khasiat daun saga lainnya adalah menjaga tekanan darah. Dapat mengatasi hipertensi yang muncul maupun mencegahnya kembali. Daun ini berguna sebagai penjaga kestabilan tekanan darah agar tidak menjadi terlalu tinggi.

5. Obat batuk tak berdahak

Khasiat daun saga yang selanjutnya yaitu meredakan batuk kering atau tak berdahak. Bagi penderita yang sering mengalami batuk tidak berdahak akan sangat mengganggu. Dapat diobati dengan daun saga yang ampuh untuk melegakan tenggorokan dari dalam.

6. Efek Menyehatkan jantung

Khasiat daun saga yang cukup penting yaitu menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa di dalam daun saga akan masuk ke dalam jantung. Mampu memberikan asupan gizi yang baik untuk kesehatan jantung.

7. Mengobati sariawan

Daun saga merupakan jenis daun yang aman untuk rongga mulut. Khususnya khasiat dalam mengatasi penyakit infeksi pada mulut seperti sariawan. Daun yang satu ini akan menjaga kesehatan mulut Anda, baik itu bibir, gigi juga gusi.

8. Meredakan panas dalam

Daun saga yang sudah lama digunakan sebagia daun herbal untuk meredakan panas dalam. Daun ini biasanya diseduh lalu diminum air hasil seduhannya dalam sekali teguk untuk obat panas dalam.

9. Meningkatkan sistem imunitas

Daun saga juga memiliki efek dalam meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Manfaat daun saga ini mampu menambah kekuatan tubuh untuk bertahan dari berbagai serangan penyakit, terutama penyakit yang mudah menular.

10. Sebagai Anti oksidan

Kandungan vitamin C dan mineral lainnya dalam daun saga berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Itulah kenapa jika daun ini masuk dalam kategori sebagai salah satu daun yang berfungsi sebagai anti oksidan yang ampuh.

Satu pemikiran pada “Manfaat Daun Saga

Tinggalkan komentar