Manfaat Daun Bidara

25x dibaca

Manfaat Daun Bidara

Daun bidara ialah salah satu tanaman yang dianugerahi banyak sekali khasiat untuk kesehatan manusia. Pada zaman dahulu, daun bidara kerap dijadikan wewangian saat proses pemandingan jenazah, bahkan Rasulullah juga pernah menggunakannya untuk memulihkan kondisi tubuh. Hingga saat ini, daun bidara masih dijadikan salah satu bahan herbal untuk pembuatan ragam jenis ramuan kesehatan.

Banyak masyarakat yang membudidayakan daun bidara sebagai tanaman untuk digunakan pelaksanaan sunah Rasulullah karena daun bidara bisa dimanfaatkan sebagai media pengobatan tradisional. Akan tetapi terdapat pula jenis daun bidara yang digunakan untuk sihir. Langsung saja simak beberapa jenis daun bidara berikut ini:

Bidara Upas

Bidara upas ialah tumbuhan jenis umbi-umbian yang merayap dan membelit. Panjang daun bidara bisa mencapai 6 cm dengan bentuk bulat telur yang melebar. Bagian pangkal daun ini berbentuk hari dan umbi yang menyerupai kentang. Daun bidara ialah salah satu tanaman yang termaktub di dalam Al-Qur’an, tepatnya dalam QS. Al-Waqi’ah: 28.

Bidara Laut

Ziziphus Mauritiana atau bidara laut merupakan sejenis pohon yang menghasilkan buah dan biasanya tumbuh di daerah pantai dan pinggiran laut. Buah bidara laut memiliki rasa asam dengan warna kekuningan. Bidara laut juga memiliki duri berukuran besar dibandingkan bidara yang berasal dari Arab.

Bidara Cina

Bidara Cina atau biasa disebut dengan jujube, kurma Cina, kurma merah, kurma India ataupun kurma Korea merupakan spesies Ziziphus, yakni masih termasuk ke dalam keluarga buckthorn. Bidara jenis ini sering digunakan sebagai pohon rindang berbuah yang berfungsi meneduhkan halaman rumah dan sejenisnya. Bidara Cina termasuk pohon kecil atau semak yang tingginya hanya mencapai 5 hingga 10 meter.

Bidara Asal Arab

Sesuai namanya, tanaman bidara yang satu ini memang berasal dari Arab dan memiliki makna yang sangat penting untuk kaum Yahudi, Nasrani dan Muslim. Hal ini terlihat dari beberapa tradisi yang masih menggunakan bidara untuk dianyam menjadi mahkota duri yang diletakkan di bagian kepala Yesus. Di beberapa daerah, daun bidara Arab inilah yang digunakan untuk pelaksanaan Sunnah.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

1. Antibakterial

Tahukah Anda jika daun bidara ini mengandung suatu senyawa antibakterial  yang berfungsi untuk mengatasi beberapa jenis gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh bakteri dan virus. Sebut saja seperti penyakit pilek, flu burung serta flu babi.

2. Mengatasi Penyakit Lambung

Daun bidara juga mengandung suatu senyawa antioksidan tinggi sehingga mampu mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya ialah mengobati beberapa penyakit lambung, seperti maag, kanker lambung dan tukak lambung.

3. Diabetes

Kandungan baik di dalam daun bidara juga sangat baik untuk mengatasi diabetes melitus. Tipe 1, 2 maupun diabetes gestasional. Hal ini karena kandungan glikemik di dalam daun bidara yang terbukti sangat rendah.

4. Mengatasi Masalah Mulut

Kandungan baik yang terdapat di dalam daun bidara juga sangat efektif mengatasi berbagai masalah mulut. Sebut saja seperti sariawan, gusi berdarah, bibir yang pecah-pecah dan ragam jenis permasalahan mulut lainnya.

5. Mengatasi Penyakit Pertumbuhan Abnormal

Daun bidara terbukti efektif mengobati dan mencegah penyakit pertumbuhan jaringan yang abnormal. Beberapa penyakit berbahaya akibat pertumbuhan jaringan tidak normal/ abnormal ialah seperti kanker, kista, tumor dan beragam jenis gangguan kesehatan lainnya.

6. Mengatasi Demam

Manfaat daun bidara selanjutnya ialah untuk meredakan demam panas maupun dingin. Penggunaan daun bidara memberikan manfaat positif baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Mulailah mencari informasi lebih banyak mengenai metode penyembuhan ragam jenis penyakit menggunakan daun bidara.

Manfaat Buah Plum

masgala
2x dibaca

Manfaat Jahe

Aulia
33x dibaca

Manfaat Kayu Manis

Danar Prasetia
69x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *