Manfaat Ciplukan

Ciplukan (Physalis Angulata L) merupakan tumbuhan asli dari benua Amerika yang saat ini telah tersebar luas di daerah tropis di seluruh dunia. Tanaman ini dapat dijumpai di sekitar daerah yang agak becek, seperti tebing di dekat aliran sungai atau pinggiran selokan. Oleh karenanya, ciplukan dianggap sebagai pengganggu tumbuhan lain (gulma) dan tidak memiliki nilai jual.

Namun ternyata, di balik itu semua, tanaman ini menyimpan banyak sekali zat-zat bermanfaat seperti vitamin c, asam malat, gula, alkaloid, asam elaidik, asam klorogenik, fisalin, dan tanin. Oleh karena itu, masyarakat sering menggunakan bagian-bagian dari ciplukan seperti daun, akar, dan buah untuk dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Berikut adalah manfaat ciplukan dan cara pemanfaatan tumbuhan ciplukan untuk beberapa penyakit umum yang dapat menambah referensi anda mengenai pengobatan jalur alternatif:

1. Dapat Mengobati Kencing Manis
Kencing manis atau diabetes mellitus adalah salah satu jenis penyakit kronis yang menyerang secara diam-diam dan ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah serta menggangu sistem metabolisme dalam tubuh penderitanya.

Untuk mengobati kencing manis, siapkan 5 gram herba kering (brangkas) ciplukan dan campurkan dengan 110 ml air. Rebus selama 15 menit, selanjutnya cukup saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin. Minumlah air rebusan tersebut 2x sehari pada siang dan malam hari. Namun ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter ketika mencoba pengobatan ini.

2. Dapat Menghilangkan Bisul
Malu dengan bisul yang baru tumbuh? Atau merasa minder ketika masih ada bekas bisul? Tenang, tanaman ciplukan bisa kamu andalkan.

Kamu bisa membuat krim wajah sederhana dengan memanfaatkan daun ciplukan, caranya adalah dengan mencampur 1 genggam daun ciplukan dengan 1 sendok teh adas pulasari, garam dan 1 lembar daun sirih. Campur dan remas hingga lembut. Ketika sudah jadi, cukup oleskan ke bagian bisul dan bisul pun akan cepat kering dan sembuh serta bekas bisul juga dapat segera memudar.

3. Menurunkan Tekanan Darah tinggi (Hipertensi)
Hipertensi merupakan sebuah gejala kondisi kronis, di mana tekanan pada daerah dinding arteri (pembuluh darah nadi) meningkat di atas normal. Hipertensi juga mendapat julukan pembunuh diam-diam karena gejala yang ditimbulkan kadang tidak terasa dan membahayakan tubuh si penderita.

Untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah, anda dapat membuat minuman dengan mencampurkan buah ciplukan yang sudah kering dengan air hangat, Aduk dengan rata dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu anda dapat mengkonsumsinya 2x sehari.

4. Menyembuhkan Gusi Berdarah
Pernahkah anda merasa nyeri pada gusi dan menemukan darah pada busa pada saat anda sedang menggosok gigi? Jika anda sedang mengalami hal tersebut, itu berarti anda sedang mengalami masalah gus. Ketika gusi anda mendadak berdarah dapat menandakan adanya masalah kesehatan pada diri anda. Penyebab gusi sering berdarah dapat disebabkan oleh beberapa yakni menyikat gigi terlalu keras, penumpukan plak pada gusi, adanya infeksi, perubahan hormon saat kehamilan dan sebagainya.

Karena buah ciplukan memiliki banyak kandungan Vitamin C, buah ciplukan dapat kamu gunakan untuk mengobati dan mencegah gusi berdarah, caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi potongan buah ciplukan segar sebanyak 30 buah setiap hari.

5. Dapat Mengobati Borok
Borok adalah salah satu penyakit yang terjadi di sekitar area selaput lendir atau kulit dan disertai dengan erosi jaringan kulit. Borok biasanya tampak menjijikan, karena efek dari kerusakan / erosi jaringan kulit secara berulang-ulang. Borok juga perlu waktu yang cukup lama untuk proses penyembuhannya.

Untuk membantu proses penyembuhan borok, anda dapat mencampurkan daun ciplukan dengan dua sendok teh air kapur sirih, kemudian ditumbuk campuran hingga halus. Oleskan dan tempelkan hasil tumbukkan tersebut ke bagian kulit yang terkena borok.

Tinggalkan komentar