Manfaat Buah Pepaya

57x dibaca

manfaat buah pepaya

Mungkin sebagian dari anda selama ini hanya mengenal buah pepaya sebagai buah-buahan yang biasa-biasa saja. Bahkan mungkin, anda selama ini tidak peduli dengan tumbuhnya tanaman ini di pekarangan rumah, karena memang, pepaya merupakan tanaman yang tidak terlalu membutuhkan perawatan yang serius untuk bisa hidup . Cukup tersedia tanah gembur dan sedikit air, maka tanaman ini akan tumbuh dengan sehat.

Di Indonesia, khususnya di desa, pepaya tidak hanya dijadikan sebagai buah-buahan saja. Namun, buah pepaya juga sering dijadikan sebagai bahan masakan. Contohnya di desa saya, buah ini, adalah bahan wajib untuk membuat sayur santan. Buah pepaya yang masih muda, dicampur dengan sayur-mayur lainnya, ditambah santan kelapa, jadilah sayur santan yang sedap.

Namun bukan itu yang ingin saya sampaikan kepada anda. Saya lebih tertarik untuk membuka pengetahuan anda mengenai buah pepaya yang ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai buah-buahan dan bahan masakan saja. Lebih dari itu, buah pepaya ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya, membuat buah pepaya sangat bermanfaat untuk mencegah bahkan mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh kita.

Berikut Ini 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Fungsi Pencernaan

Manfaat pertama dari buah pepaya ialah untuk melancarkan pencernaan. Jika selama ini anda sering mengalami penyakit susah buang air besar (BAB), maka cobalah untuk mengkonsumsi buah pepaya. Zat papain yang terkandung di dalamnya, merupakan enzim pencernaan yang sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan, dan juga, kandungan serat yang tinggi di dalam buah pepaya, akan membantu mencegah sembelit yang disebabkan karena kurangnya air dan serat dalam tubuh anda.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Salep yang biasa digunakan sebagai obat penyembuh luka, dibuat dengan campuran papain yang juga terkandung dalam buah pepaya. Maka dari itu, buah pepaya yang merupakan sumber papain dan enzim proteolitik chymopapain, juga sangat baik untuk digunakan sebagai penyembuh luka dan pencegah infeksi kulit yang terbakar. Caranya ialah dengan membuat ramuan dari tumbukan buah pepaya yang kemudian dioleskan di sekitar kulit yang terluka

3. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung salah satunya disebabkan oleh meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, penyakit ini juga sangat rentan menyerang orang-orang yang tubuhnya kekurangan serat, kalium dan vitamin. karenanya, sangat dianjurkan agar anda rutin mengkonsumsi buah pepaya yang telah terbukti kaya akan serat, kalium dan vitamin. Ditambah lagi, pepaya juga mengandung enzim yang akan mencegah oksidasi kolesterol yang menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam tubuh anda.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Mata

Sudah tidak diragukan lagi bahwa pepaya adalah salah satu sumber vitamin A. Setengah dari ukuran sedangnya saja (takaran 100 gram), mengandung sekitar 19% vitamin A. Ini tentu kabar baik, karena vitamin A adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh mata agar tetap sehat. Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya, maka kebutuhan mata terhadap vitamin A akan terpenuhi. Konsumsilah buah pepaya selapas makan atau pada waktu anda sedang beristirahat.

5. Mencegah Penyakit Kanker Prostat Pada Pria

Jika usia anda saat ini telah mencapai 40 tahun ke atas, maka berhati-hatilah dengan ancaman penyakit kanker prostat. Karena biasanya, penyakit ini menyerang pria dengan rentang umur tersebut. Tapi jangan khawatir, karena semua penyakit pasti ada obatnya. Sebagai langkah awal pencegahan, anda bisa memulai dengan mengkonsumsi buah pepaya secara teratur. Kandungan antioksidan betakaroten pada pepaya, dipercaya mampu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, salah satunya kanker prostat yang hanya menyerang kaum adam.

6. Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes terjadi karena meningginya kadar gula darah dalam tubuh anda. Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumi makanan-makanan yang terlalu manis dan mengandung kadar lemak yang tinggi. Nah dalam hal ini, untuk penderita diabetes tipe 1, mengkonsumsi buah pepaya dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

7. Memperlancar Menstruasi (haid) Pada Wanita

Haid yang tidak lancar akan menyebabkan timbulnya rasa sakit pada perut wanita. Jika anda salah satunya, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi buah pepaya. Hawa panas dalam tubuh setelah mengkonsumsi pepaya, dipercaya dapat merangsang hormon estrogen yang akan melancarkan haid dan menormalkan siklus menstruasi anda.

Itulah 7 manfaat penting buah pepaya yang dapat saya sampaikan. Semoga memberi manfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai buah yang satu ini. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi buah pepaya secara teratur, agar nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh dapat tercukupi dengan baik.

 

Manfaat Daun Seledri

Aulia
42x dibaca

Manfaat Kumis Kucing

Aulia
38x dibaca

Manfaat Buah Cokelat

masgala
11x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *