Manfaat Buah Nanas

Nanas atau dalam bahasa inggris disebut pineapple, adalah jenis tanaman buah-buahan yang termasuk ke dalam keluarga nanas-nanasan (family bromeliaceae). Tanaman ini biasanya tumbuh subur di daerah tropis bertanah gembur, berpasir dan mengandung banyak unsur hara. Di Indonesia, sentra penanaman utama tanaman yang berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay ini, berada di provinsi Lampung Jawa Barat.

Seperti buah-buahan yang lain, selain memiliki rasa yang enak dan khas, buah nanas juga mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah nanas ialah kalsium, magnesium, zat besi, natrium, fosfor, vitamin A, vitamin C dan enzim bromelain.

Dari kandungan nutrisi dan vitamin tersebut, beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh ialah dapat menyembuhkan batuk, melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, menjaga kesehatan mulut, mencegah kanker, menyehatkan jantung dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Selengkapnya mengenai manfaat buah nanas untuk kesehatan, dapat anda temukan pada daftar dibawah ini.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas, vitamin C juga ampuh untuk merangsang aktivitas sel darah putih, dan sebagaimana yang telah kami sebutkan diatas, salah satu vitamin yang terkandung dalam buah nanas adalah vitamin C, bahkan bisa dikatakan, vitamin C merupakan kandungan terbesar dalam buah nanas, dimana 100 gram buah nanas, mengandung 79% vitamin C. Ini, tentunya merupakan alasan kuat untuk menyebutkan bahwa buah nanas, sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Menguatkan Tulang

Kandungan mineral seperti kalsium dan mangan dalam buah nanas, merupakan suplemen penting yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang. Karenanya, dengan rutin mengkonsumsi buah nanas setiap hari, pertumbuhan dan kesehatan otot, sendi serta tulang anda akan semakin baik. Sehingga akan terhindar dari risiko penyakit sendi dan tulang yang dapat mengganggu aktivitas keseharian anda.

3. Meringankan Batuk dan Sakit Tenggorokan (Panas Dalam)

Buah nanas juga berkhasiat untuk meringankan batuk dan sakit tenggorokan. Enzim bromelain yang terkandung di dalamnya, dipercaya mampu untuk mengurangi peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri dan virus. Sedangkan untuk meringankan batuk, enzim bromelain berfungsi sebagai zat yang sangat efektif untuk menghancurkan dahak yang bersarang pada tenggorokan.

4. Mengobati Kanker

Jika anda pernah mengupas sendiri buah nanas, dibagian tengah dagingnya pasti akan anda temukan bagian daging yang konstruksinya agak lebih keras. Biasanya, daging nanas bagian tengah ini akan dipisahkan dari daging bagian luar yang membungkusnya. Karena rasanya yang memang tidak seenak daging nanas bagian luar, kebanyakan orang lebih memilih untuk membuang daripada memakannya. Tapi tunggu dulu, ternyata rahasia nanas untuk pengobatan kanker terletak pada daging bagian dalamnya ini, serat-serat yang menjadi penyusun utamannya ternyata memiliki sifat anti kanker yang sangat mujarab untuk menghindarkan anda dari serangan penyakit kanker.

5. Menyehatkan Jantung

Hati-hatilah dengan risiko penyakit jantung. Telah banyak kasus kematian yang terjadi, disebabkan oleh penyakit berbahaya ini. Bahkan, hasil riset yang dilakukan oleh World Heart Federation (WHF) pada tahun 2017, menyebutkan bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor 1 di dunia, dimana setiap tahunnya, ada 17,3 juta orang meninggal akibat penyakit jantung, dan 37% nya terjadi di Indonesia. Hal ini tentu menjadi alarm peringatan bagi kita, agar selalu berupaya menjaga kesehatan jantung, meskipun kita yakin bahwa kematian adalah rahasia yang telah ditetapkan waktunya oleh Allah. Adapun upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau mengobati penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi buah nanas, karena ternyata buah nanas juga mampu untuk menyembuhkan penyakit jantung. Enzim bromelain yang dikandungnya, dipercaya efektif sebagai pengurai lemak yang menyebabkan pengentalan darah pada penderita jantung koroner.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan juga bisa diatasi dengan mengkonsumi buah nanas. Enzim bromelain yang terkandung di dalamnya, sangat baik untuk membantu kinerja usus dalam menyerap protein yang lebih banyak. Selain itu, mineral dan vitamin yang terdapat dalam buah nanas, berperan penting sebagai penyerap air pada usus. Sehingga sistem pencernaan dalam tubuh pun akan berjalan normal.

Memang ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah nanas, khususnya untuk kesehatan tubuh. Namun perlu diingat, jangan karena terlalu bernafsu, kita akhirnya lupa dengan dampak buruk atau efek samping dari buah ini. Ingat, nanas juga mengandung asam oskalat yang tinggi, yang merupakan penyebab terbentuknya batu ginjal. Kandungan gulanya juga tinggi, sehingga akan membahayakan jika dikonsumsi terlalu banyak. Makanlah buah nanas secukupnya saja, tidak perlu berlebihan.

Tinggalkan komentar