Manfaat Buah Naga

Sejarah Nama Buah Naga

Buah naga. Begitulah orang-orang menamai buah ini. Pertama kali melihatnya, mungkin anda akan teringat dengan semburan api dari mulut-mulut naga pada film-film mitologi kuno seperti Dragon War, Harry Potter atau Reign Of Fire. Ya, bentuk buah ini memang cukup unik, bulat lonjong dengan aksen daun runcing menjuntai yang membalut seluruh kulit buahnya, seolah membentuk lidah-lidah api yang keluar dari mulut sang naga.

Ada yang menarik dari dinamainya buah ini dengan nama buah naga. Mengutip dari tulisan yang diterbitkan wikipedia.com, nama buah naga yang disematkan pada buah ini ternyata dipengaruhi oleh budaya dan kepercayaan orang-orang Vietnam dan Cina zaman dulu. Konon, karena dianggap membawa berkah, buah ini selalu diletakkan diantara dua ekor patung naga hijau di atas meja altar. Warnanya yang mencolok diantara patung-patung naga hijau itu, kemudian membuatnya dikenal sebagai thang loy yang berarti buah naga. Dari kebiasaan inilah kemudian, sampai sekarang buah ini secara sah bernama buah naga.

Sebelum dibudidayakan di negara-negara Asia termasuk Indonesia, buah naga aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini termasuk ke dalam jenis kaktus bermarga Hylocereus dan Selenicereus. Tekstur daging buahnya lunak, berbiji dan berair. Karena rasanya yang segar, orang-orang biasanya mengkonsumsi buah ini dengan terlebih dahulu membuatnya menjadi jus.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa yang enak, buah naga juga terkenal menyimpan banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya ialah vitamin C, B1, B2 dan B3, juga zat besi, fosfor dan kalsium.
Adapun beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah naga untuk kesehatan tubuh ialah :

1. Menyehatkan jantung

Mengkonsumsi buah naga akan membantu jantung anda tetap dalam kondisi prima. Ini dikarenakan buah naga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui, lemak sendiri terbagi dalam tiga jenis yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Satu dari ketiga jenis lemak tersebut yaitu lemak jenuh, merupakan jenis kolesterol jahat yang dapat mengancam jantung anda. Oleh sebab itu, salah satu upaya untuk mengimbangi kadar lemak jenuh ini adalah dengan rutin mengkonsumsi buah naga.

2. Menurunkan gula darah

Buah naga juga telah terbukti mampu membantu menurunkan gula darah. Buah ini mengandungan folifenol, karotenoid, tiol serta glukosinolat yang merupakan antioksidan penting penurun gula darah. Hati-hati, gula darah yang tinggi adalah salah satu penyebab dari penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit mata, ginjal dan jantung. Jika tidak segera ditangani, gula darah ini pun akan menyebabkan komplikasi pada syaraf, kulit, gigi serta gusi anda.

3. Mencegah kanker

Selain karoten esensial dan vitamin C, buah naga juga mengandung enzim lycopene yang dapat membantu mencegah terbentuknya tumor. Ini memungkinkan bagi buah naga untuk menjadi salah satu asupan yang bisa anda konsumsi untuk minimal menghambat regenerasi sel kanker. Kulit buah naga juga mengandung folifenol yang dapat melindungi anda dari serangan penyakit kanker tertentu.

4. Menguatkan gigi dan tulang

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, buah naga adalah sumber kalsium dan fosfor yang merupakan nutrisi penting bagi tulang serta gigi. Kurangnya kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh akan menjadi penyebab tulang dan gigi anda menjadi rapuh. oleh karena itu, sangat dianjutkan bagi anda yang sedang mengalami masalah pada tulang atau gigi untuk memasukkan buah naga dalam daftar buah-buahan yang akan anda konsumsi tiap hari.

5. Memperbaiki fungsi mata

Mata adalah salah satu organ yang sangat vital untuk anda jaga fungsinya. Jangan sampai anda menyesal ketika sudah kehilangan penglihatan karena keacuhan anda dalam merawat kesehatan mata. Tidak perlu biaya mahal, cukup konsumsi buah naga dengan rutin. Buah ini mengandung beta karoten dan pigmen yang dapat melindungi bola mata dari radikal bebas, sehingga anda akan terhindar dari penyakit mata katarak dan penyakit mata lainnya.

Selain 5 manfaat diatas, buah naga tentunya masih memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Karenanya, sangat penting bagi anda untuk mulai mengkonsumsi buah ini dengan rutin. Bersama buah-buahan yang lain, buah naga akan menjadi salah satu sumber nutrisi dan vitamin yang baik untuk daya tahan dan kesehatan tubuh anda.

Satu pemikiran pada “Manfaat Buah Naga

Tinggalkan komentar