Manfaat Bawang Merah

29x dibaca

Manfaat Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu varian dari jenis bawang yang memiliki warna kulit ungu dan merah dengan daging berwarna putih berbentuk seperti cincin ketika di belah. Bawang merah sudah menjadi salah satu bumbu masakan yang sering digunakan sebagai pelengkap rasa dan aroma pada makanan. Bawang merah mentah sering digunakan untuk membuat acar yang diberi sedikit cuka yang disajikan sebagai pelengkap makanan.

Tahukah anda kalau bawang merah memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh?

Bawang merah memiliki rasa yang ringan. Bawang merah dapat langsung dimakan dengan kondisi mentah dan juga dapat digoreng atau tumis selama proses memasak. Disamping itu, kandungan nutrisi yang ada pada bawang merah juga sering digunakan sebagai pengobatan alami yang aman bagi tubuh.

Berikut manfaat bawang merah bagi kesehatan

1. Mencegah Terjadinya kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Banyak ahli yang mencari obat akternatif untuk penyakit kanker ini. Dengan adanya kandungan senyawa belerang yang terdapat pada bawang merah dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah terjadinya kanker. Senyawa aktif yang terdapat pada bawang merah mentah sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker yang terdapat dalam tubuh. Dengan adanya senyawa ini sangat berguna untuk pencegahan penyakit kanker. Kita perlu mengkonsumsi bawang merah mentah, agar sel kanker yang terdapat pada tubuh tidak berkembang dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi.

2. Mengontrol Diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya insulin pada tubuh. Hal ini dikarenakan fungsi pankreas yang sudah mulai kurang maksimal. Pada Bawang merah mentah terdapat kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan produksi insulin oleh pankreas dalam tubuh. Bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur. Deanga mengkonumsi bawang merah mentah ini dapat menjaga kadar insulin yang ada dalam tubuh dan secara otomatis akan meningkatkan kesehatan pagi penderita diabetes.

3. Mengurangi Peradangan

Bawang merah mentah dapat mengatasi radang tenggorokan yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat. Quercetin yang terdapat pada bawang merah tidak hanya untuk mengurangi kadar kolesterol, tetapi juga mempunyai anti-inflamasi yang kuat sehingga dapat mengurangi adanya peradangan dan mencegah tubuh dari terserangnya penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Selain itu bawang merah juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut, dan infeksi pada mulut dan gusi.

4. Mengobati Masuk Angin

Bawang merah yang dipotong-potong dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati masuk angin. Biasanya bawang merah ini digunakan sebagai pengganti balsem. Bawang merah dipotong-potong menjadi beberapa bagian, kemudian dicampur dengan minyak kayu putih maupun minyak goreng. Campuran ini kemudian dioleskan pada bagian dada dan punggung orang yang sedang masuk angin. Kandungan hangat yang keluar dari bawang merah mentah ini dapat menghangatkan badan yang bisa menghilangkan masuk angin.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang merah dapat mencegah terjadinya pembekuan darah yang memiliki fungsi sebagai obat pengencer darah. Banyak ahli jantung yang menyarankan para pasiennya untuk mengkonsumsi bawang merah karena bawang merah mempunyai manfaat dalam menjaga sistem kardiovaskular.

6. Mengurangi Kolesterol

Bawang merah juga mengandung quercetin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dengan meningkatkan tingkat lemak baik yang dikenal sebagai HDL (High Density Lipoprotein). Quercetin merupakan salah satu bagian dari flavonoid sebagai antioksidan yang kuat.

7. Detoksifikasi Tubuh

Bawang merah mengandung sulfur yang sangat membantu detoksifikasi tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada bawang merah dapat membantu memurnikan darah dengan menetralisir kandungan timbal, arsenik dan kadmium dari tubuh.

8. Menyembuhkan Asma

Bawang merah sudah menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan asma. Kandungan senyawa aktif yang terdapat pada bawang merah bisa menghambat zat yang memicu kejang otot bronkus dan juga memiliki efek yang bisa menenangkan otot pernapasan.

9. Mengobati Infeksi

Pada bawang merah terdapat banyak zat aktif yang mempunyai sifat antibakteri. Zat aktif ini sangat penting digunakan untuk melawan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella dan E.Coli yang dapat memicu munculnya beberapa masalah kesehatan pada tubuh manusia termasuk diare.

10. Mencegah Jerawat dan Menghilangkan Bintik Gelap Bekas Jerawat

Adanya kandungan Flavonoid dan antioksidan yang terdapat pada bawang merah dapat mengurangi munculnya bintik gelap pada kulit. Bawang merah juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya jerawat karena adanya kandungan anti-bakteri dan juga menyamarkan bintik gelap yang disebabkan oleh bekas jerawat.

Demikian informasi tentang manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh. Usahakan mengkonsumsi bawang merah sesuai dengan kebutuhan karena dengan mengkonsumsi bawang merah secara berlebihan dapat menyebabkan bau badan, mual, muntah, pusing, mulas, perut kembung dan juga alergi.

Manfaat Buah Plum

masgala
2x dibaca

Manfaat Jahe

Aulia
33x dibaca

Manfaat Kayu Manis

Danar Prasetia
69x dibaca

1 balasan untuk “Manfaat Bawang Merah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *